Pages

Pondasi dan Langkah Awal Yang Menentukan


Pemilihan jenis bahasa pemograman dan sumber daya terkadang menjadi dilema para perintis startup. Berkutat di pengalaman pernah membuat aplikasi berbasis desktop atau web based di beberapa projek lokal, serta pengelolaan sumber daya seperti server dan jaringan; tidak serta merta menjadi bekal yang cukup dalam upaya membangun layanan data untuk khalayak berskala besar.

Berkaca dari itu semua, menjadi sangat penting untuk membaca, melihat dan mendengarkan pengalaman para pemain besar tentang apa dan bagaimana proses yang telah mereka lalui baik secara manajemen atau non manajemen. Optimisasi, efiesiensi, performance, hingga ekonomis menjadi kata kunci wajib yang saat ini harus kami pegang teguh sebagai pondasi dan langkah awal agar tidak terlalu melebar dari tujuan. Setiap rencana, proses dan progres dicatat dalam tulisan singkat dan sederhana baik di komputer, kertas kecil atau papan tulis (whiteboard).

Saat ini, kami hampir mendekati kata final dalam pemilihan sumber daya awal dalam membangun layanan. Kalau orang bilang, sebelum meminang dan mengarungi bahtera rumah tangga, kami masih dalam tahap memilih calon dan beradaptasi dengannya. Menerima baik buruknya dan konsekuensinya sebagai "teman hidup dalam suka dan duka".

Sumber photo: medium.com

No comments: